Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » Diskusi Kelompok Besar

Diskusi Kelompok Besar


ketika kita sudah selesai melakukan praktek di laboratorium kadang kita meneruskannya dengan diskusi kelompok kecil dan dilanjutkan denagn diskusi kelompok besar. Dalam Diskusi kelompok besar membutuhkan kerja keras seorang guru dalam mengelola kelasnya sehingga anak menjadi lebih terkontrol apalagi jika dilakukan di dalam laboratorium yang penuh dengan alat laboratorium. Anak-anak akan bisanya lebih ramai dibanding dengan di kelasnya sehingga tujuan kita untuk menyamakan persepsi dari hasil diskusi kelompok akan gagal total karena kita terpaku hanya pada pengkondisian kelas tidak pada materi.

Untuk mengantisipasi hal ini maka diperlukan komunikasi dari awal guru menyampaikan apa saja yang dilakukan dari awal sehingga siswa akan mengetahui prosedur pembelajran. Selain itu juga diperlukan sebuah media misalnya menggunakan LCD untuk mengarahkan anak harus mendiskusikan topik apa atau guru melakukan catatan-cataan kecil agar diskusi kelompok besar menjadi lebihterara.

Selain hal teknis di atas maka diperlukan juga ketegasan atau kewibawaan seorang guru ketika ada anak sedang berada di laboratorium apalagi jika ada anak yang membaut ulah untuk memecah konsentrasi pembelajran. Berdasrkan pengalaman saya perlu juga shok teraphy dengan mengeluarkan anak dari laboratorium, jika mereka melakukan hal yang membahayakan bagi anak dan kelangsungan pembealjaaran, dan sudah ilakukan secara berulang. Namun harus dengan komunikasi yang baik dan tentunya mereka harus diberi tugas mandiri di luar jangan tidak didiamkan saja, sehingga mereka akan menjadi jera.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

0 komentar:

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team