Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » Belajar dengan Praktek lebih Menyenangkan

Belajar dengan Praktek lebih Menyenangkan


Belajar Ipa itu sangat menyenangkan Apalagi ketika kita bisa mempraktekan wah pasti teringat di kepala dan ndak mau copot dari ingatan

Lihat keceriaan mereka saat melakukan praktek di luar kelas maupun di dalam kelas... luar biasa senngnya, bahagianya mereka dapat bermain sambil belajar tidak merasa terkekang tetapi materi tetap dapat masuk tanpa hambatan.

Memang agak berat yang harus dilakukan guru untuk menyiapkan bahan untuk praktek, atau mengatur anak yang diluar kelas... tapi ini semua tidak sebanding dengan apa yang anak dapatkan dari keberatan seorang guru untuk mengajar dengan praktek.

Kurikulum kita yang sangat padat materi, dan tuntutan dari atasan untuk mendapatkan nilai kogitif dengan standar tinggi ini juga menjadikan alasan guru untuk tidak melakukan praktek. karena takut waktu yang dibuang sia-sia karena anak tidak akan paham akan materi hanya habis untuk bermain.

Dibalik itu semuanya ada benarnya, tetapi jika di banding dengan manfaat yang dapat kita berikan kepada ana untuk massa depanya lebih berharga prakteknya dari hanya teori saja. karena mungkin ini pengalaman dari penulis yang sangat merasakan kurangnya praktek saat belajar di SD atau SMP membuat jenuh untuk belajar sesuatu. tetapi ketika penulis belajar di SMK sungguh luar biasa semnagat belajarnya sehingga dapat mendapatkan pengalaman yang berharga.


Namun kendala yang lain di dapatkan guru selain materi yang padat di atas, ada kendala lagi yaitu tidak tersedianya peraltan laboratorium yang memadai dan temapat laboeratorium yang memadai pula. sehingga laboratorium satu muridnya banyak... ya akhirnya jadi rebuatan. walau sebenarnya bisa diakai dengan peralatan sederhana yang dibuat dari alam sekitar, namun memang hasilnya lebih memuaskan jika di lakukan dengan peralatan yang memadai.

Ya marilah kita sekuat tenaga untuk mengajar dan belajar dengan praktek langsung agar memberikan bekal yang berharga bagi anak didik kita, tidak hanya kogitif belaka.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

2 komentar:

Pak Jo mengatakan...

Siplah tak tiru.. nanti..!

Mr.Widi mengatakan...

terimakasih..!

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team