Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » , » Belajar Membedakan Unsur, Senyawa dan Campuran

Belajar Membedakan Unsur, Senyawa dan Campuran

Contoh istilah di atas sebenarnya secara tidak langsung sebenarnya kalian sudah sering menyebutkan dalam sehari-hari  Contoh-contohnya misalnya besi,air dan  tanah adalah merupakan contoh-contoh unsur senyawa adn campuran dan campuran. Namun mungkin kalian hanya belum mengenal istilah itu di sekolah dasar.
Sebenarnya untuk memudahkan kita mempelajari kimia maka kita jugha dapat mengelomkkan atau mengklasifikasikan zat nah untuk itu perhatikan peta konsep di bawah ini!

Untuk lebih jelasnya marilah pada kesempatan ini kita pelajari lebihjauh tentang unsur senyawa dan campuran

A. Unsur

Dalam keseharian unsur ini contohnya seperti besi, tembaga, belerang, seng dan lain-lain. Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat di uraikan menjadi zat yang lebih sederhana. Jadi besi atau tembaga tidak dapat diurakian lagi menjadi zat yang lebih sederhana.  Di alam ini banyak sekali unsur yang dapat kita lihat dengan sistem tabel periodik unsur.

Agar kita lebih muda dalam mengenalnya maka ada tokoh yang memberikan susunan tata nama lambang atom yaitu Jons Jakob Berzelius, Ilmuwan ini memberikan tata nama sebagi berikut ini:

  1. 1    Setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latinnya unsur yang bersangkutan dan ditulis dengan huruf besar contohnya karbon yang nama latinnnya Carbonium maka ditulis huruf C
  2. 2.    Unsur yang memliki huruf awal sama lamabangnya dibedakan dengan menambahakan satu huruf kecil yang lain  dari unsusr itu di depannya. Contohya kalsium yang memilki nama latin Calsium karena sudah ada karbon maka ditulis Ca , begitu juga dengan temabga yang memilkii nama latin Cuprum maka ditulis Cu. Jadi yang perlu di ingat di sini penulisannya adalah menggunakan bahasa latin bukan bahasa indonesia contohnya Besi bukan Be tapi Fe karena nama latinnya adalah Ferum atau Emas bukan E atau Em Namun Ag karena nama latinnya adalah Argentum.

Unsur dalam alam ini ada yang logam ada yang non logam. Contoh unsusr logam misalnya besi, tembaga seng dan lain-lain . contoh unsur non logam musalnya belerang (sulfurA), Helium, hidrogen, oksigen dan lain-lain silahkan lihat di tabel periodik unsusr, lebih lengkapnnya.


B. Senyawa 

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal contoh-contoh senyawa antara lain adalah air, gula dan garam. Para ilmjuawan mendefinisikan senyawa yaitu zat tunggal yang dapat diuraikan menajdi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana. Senyawa ini terbentuk oleh ikatan kimia dari beberapa unsusr , namun sifat senyawa ada yang berbeda dengan sifat unsur penyusunnya.
Sebagai contoh berikut ini :

  1. 1.    Air (H2O) dapat diurakaian menjadi usnsur Hidrogen  (H) dan Oksigen (O), dalam suhu kamar air bersifa cair sedangkan Hidrogen dan oksigen  bersifat gas.
  2. 2.    Garam (NaCl) dapat diurakan menjadi usur Natrium (Na) dan Klorin (Cl). Natrum ini bersifat mudah meledak dan mudah meledak sedangkan klorin berwujud gas yang berbau seperti kaporit dan beracun, Sedangkan Natrium klorida atau garam tidak bersifat mudah meledak dan tidak beracun.
Senyawa juga sama dengan unsur agar lebih mudah mengenalnya maka juga perlu diberi lambang yang disebut dengan rumus kimia, Di bawah ini adalah contoh yang sering kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari :
Senyawa
Rumus Kimia
Air
H2O
Asam Cuka
CH3COOH
Asam Sulfat
H2SO4
Karbon Dioksida
CO2
Asam klorida
HCl
Glukosa
C6H12O3
Amonia
NH3
Garam Dapur
NaCl

C. Campuran 

Contoh campuran  dalam keseharian adalah contohnya ketika kita melarutkan gula dalam air.  Maka kita masih dapat merasakan sifat manis darigula tersebut.  Sehingga campuran ini memilki ciri sifat komponen dalam campuran tidak hilang dan pencampuran tidakmenghasilkan zat baru. Campuran ini dapat berupa koloid, larutan dan suspensi.

Larutan
Larutan adalh campuran yang bersifat homogen atau serba sama sehingga tidak dapat dibedakan lagi antara pelarut dan zat terlarut, hal ini dikarenakan campuranhomogen memilki komposisi yang sama pada setiap bagiannya. Contohnya yaitu larutangula dan air gula tidak dapat dibedakan lagi dengan air.
Suspensi
Suspensi adalah larutan yang bersifat hiterogen antara komponennya masih dapat dibedakan  contohnya campuran anatara kapur dan air, kita masih dapat melihat kapur dan airnya. Campuran suspensi namak keruh dan tidak stabil
Koloid
Koloid.Contoh koloid yang mudah adalah santan dan susu, sepintas tampak koid ini seperti larutan homogen namunjika dilihat dengan mikroskop akan terlihat hiterogen. Campuran ini tidak dapat disaring dengan saringan biasa.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

0 komentar:

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team