Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » Membuat MPIatau MPP dengan Berlatih, Uji coba dan Praktekkan

Membuat MPIatau MPP dengan Berlatih, Uji coba dan Praktekkan



(untuk memperbesar foto dekatkan kursor ke foto)

Teman-teman guru tentunya ingin anaknya lebih aktif dalam kegiatan pembelajran bukan. Nah jika ingin seperti itu tentunya gurunya juga harus kreatif bukan? Salah satu ciri guru kreatif adalah mampu menggunakan media untuk mengemabangkan proses pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton, membosankan sehingga siswa lebih antusias dalampembelajaran. Ketika anda browsing di ineternet maka akan mendapatkan salah satu tip bagaimna membuat anak lebih aktif dikelasnya, saya pernah membacanya saah satunya adalah menggunakan TIK sebagai media pembelajaran, apalagi saaat ini murid dituntut lebih berkarakter salah satu indikatornya adalah mampu menggunakan teknologi dengan tepat dan benar.

Pengalaman saya membuat media berbasis TIK ini salah satunya adalah MPI (multimedia pembelajaran interaktif ), atau MPP ( multimedia pembelajaran Presentasi) itu ternyata tidak sulit, kita hanya butuh belajar, berlatih, uji coba dan praktekan. Yang pertama belajar, anda bisa belajra melalui internet karena banyak sekali tutorial di internet bagaimna caranya membuat multimedia interaktif bisa tutorial dalam bentuk modul atau bacaan atau bisa juga anda browsing mealui youtube disana banyak sekali animasi yang bisa menjadi contoh media kita, atau juga bisa browing template yang ada di ineternet dan download untuk bisa meniru template yang baik. Sehinga template nya tidak monoton atau menjemukan. Jika masihkurang puas bisa juga beli bukunya di toko buku gramedia sosial agency dll, yang membahas bagaimna membuat multimedia interaktif atau CD interkatif baik itu menggunakan flash atau power point. Apalagi sekarang model nya sudah pembelian online jadi kita tidak usah pergi ke toko tinggal pesan , tranfer uang dikirim deh bukunya. Selanjutnya anda praktekkan sedikit demi sedikit dengan laptop atau komputer anda, walau kadang-kadang mengalami gangguan . Pengalaman saya adalah dengan teori trial on eror., di coba-coba jika gagal coba lagi, kuncinya jangan menyerah, jika perlu kalian mencoba sesuatu variasi yang baru dari buku itu sendiri, siapa tahu bisa dibukukan (doakan ya bisa buat buku).


(untuk memperbesar foto dekatkan kursor ke foto)


Jika sudah berlatih coba ujicobakan dalam ujicoba ini bisa teman untuk mengevaluasi media anda apakah sudah memenuhi kriteria media yang baik ( coba brosing di ineternet MPI/MPP yang baik itu kriterianya apa saja) atau bisa juga baca kriteria –kriteria di ajang lomba seperti panduan lomba BPTIKP/LPMP disana akan dijelaskan sedikit tentang kriteria media yang baik. Selanjutnya yang lebih keren dan pasti ada setiap tahunya kalian ujicobakan media tersebut dengan diikutkan lomba MPI atau MPP. Pengalaman saya antara lain ikut lomba di LPMP yang setiap tahun ada tahun 2011 ini jika ndak salah bulan november. BPTIKP juga mengadakan tahun ini. NACTI dll. Trik nya adalah sering-seringlah buka internet dan cari lombanya atau ikut gabung ke forum multimedia pembelajaran lewat jejaring sosial facebook misalnya. Dengan di ujicobakan maka media kita bisa dinilai dimana kekuranganya sehingga akan terpacu untuk membuat media yang lebih baik lagi alhamdulilah jika menang dapat laptop lagi, uang.. wuih seneng dan bangganya ( pengalaman pribadi).

Jika sudah di ujicobakan ke kelas kalian, dan jangan lupa buat pedoman pengamatan siswa suruh mengamati dimana letak kekurangan media yang bapak/ibu guru buat. Mungkin ditingkat keterbacaan media, kwalitas suara, ada tidaknya distorsi dalam media (gangguan yang mengakibatkan anak tidak fokus dalam pembelajaran mungkin karena warna mencolok, gambar yang terlalu ramai, atau animasi yang tidak penting tidak sesuai dengan tema pelajaran), media macet atau hiperlink yang salah dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di internet kriteria media yang baik .

Selamat mencoba. Semoga dengan trik ini bapak/ibu sekalian akan termotivasi untuk membuat MPP/MPI dengan kwalitas yang lebih baik. Alhamdulilah bisa berguna bagi anak didik kita. Salam sains. boleh baca juga lewat sini Membuat MPI
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

8 komentar:

mr. widi mengatakan...

ayo guru pada nyoba... di jaminketagian deh.. apalagi jika ikut lomba dapat hadiahnya?

hadisetyo mengatakan...

Wah jadi pingin nih...salam kenal....

Mr.Widi mengatakan...

ya silahkan mas hadi pasti kamu bisa.. apalagi m au ada lomba LPMP november... mulai dari sekarang mau sharing undang kita..!

dwihatmoko\'s blog mengatakan...

Salam kenal dari Purbalingga Pak. Wah pengen banget Pak buat MPI....cm skrg saya udh migrasi ke Open Source System, biar g pake ilegal trs, jd butuh belajar. Adakah aplikasi software di Open Source System (saya pake Linux Ubuntu 11.04) yang mudah untuk membuat MPI.

Haryanto mengatakan...

sip-sip :-)

Mr Widi mengatakan...

mas Moko... kan di Linuk itu juga bisa buat MPI to? kan ada program seperti power point jika ndak salah ... hanya saja tampilannya yang agal berbeda...Buat saja pakai itu... kemarin Istri saya juga baru diajari buat MPI tapi pakai progran linuk..! saya belum mencoba..

Mr Widi mengatakan...

Matur suwun kang Anto..jaya terus SDMCC dengan OSNnya ..biar pahalanya mengalir terus tidak berhenti..!

Eko Budiana mengatakan...

blog yang bagus

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team