Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » Pengumuman Resmi Hasil UKA Yang Memprihatinkan

Pengumuman Resmi Hasil UKA Yang Memprihatinkan


Pengumuman resmi UKA jateng sudah di muat di web LPMP jateng klik di sini Ini merupakan langkah bagus yang dilakukan LPMP jateng yang segera mengumumkan dengan cepat hasil UKA setelah ada gonjang-ganjing atau ketidak jelasan dari salah satu group Facebook yang membahas tentang hal ini.

Dan memang hasil yang dalam pemberitaan yang banyak memberitakan masalah hasil UKA yang memprihatinkan. Memang kita sebagai guru perlu instropeksi diri dan harus selalu memperbaiki diri dari dari segala kekuarangan yang ada dan selalu mengupdate keamampuan kita dan selalu merasa kurang dalam hal keilmuan sehingga selalu mencari ilmu dimanapun dan kapanpun.

Namun Hail UKA yang kurang memuaskan itu tidak serta merta kesalahan guru semata namaun banyak pihak juga harus ikut bertanggung jawab, dari mulai PT pencetak guru, Pengambil kebijakan, pemerintah, karena semua ini memang tidak lepas dan ada saling keterkaitan. Misalnya permasalahanbBagaimana mengembangkan potensi yang ada pada guru?, bagaimana pengawasan yang dilakukan pemerintah?, bagaimna pemerataan kemampuan guru? dan masalah lain yang dirasa penting dan tidak hanya selalu menjadi topik pembahasan hanya memojokkan guru dengan kemampuannya. Namun mencari solusi yang tepat bagaimna mengatasinya.

Dari kekurangan Hasil UKA tersebut harus juga menjadi cermin diri bagi pemerintah untuk selalu membuat program-program ke depannya, sehingga benar-benar kompentensi guru dapat nyata peningkatannya, tidak hanya kesejahteraannya. Dan perlu menjadi catatan i bahwa guru-guru yang mengikuti UKA hal ini adalah hal yang baru dengan soal yang berbeda dengan apa yang mereka gurnakan untuk mengajar kesehariannya, dan mungkin hasil UKA tahun depan akan kita harus yakin lebih baik dengan share teman-teman guru yang sudah mengikuti UKA.

Dan saya setuju dengan pendapat teman yang menyatakan bahwa UKA adalah belum mencerminkan kompetensi keseluruan guru, karena jika di kurikulum sekarang guru juga dituntut untuk memberikan penilaian kepada anak dari beberapa aspek seperti penilaian performance, sikap, proyek, unjuk kerja dan lain-lain, nah keamampuan sesungguhnya gurupun penilaiannya juga harus seperti itu.

Kadang mungkin ada pertanyaan di benak guru yang sudah mengikuti UKA, bagaimana dengan hasil kompetensi guru yang sudah sertifikasi itu jika diperlakukan sama dengan (UKGT) Uji Kompetensi Guru Tersetifikasi. Hal ini layak diperbincangkan karena merekalah yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi itu. Apakah dengan sertifikasi sudah meningkat kompetensi mereka? ini merupakan tanda tanda besar dan perlu ditindak lanjuti.

Namun kita sebagai guru harus selalu optimis, berusaha memperbaiki diri, ingin menjadi lebih baik dan berusaha menjadi yang terbaik. Minimal bagi diri kita Alhamdulillah bagi Anak didik kita.

Dan Juga guru-guru jangan menjadi patah semangat dengan kritikan- kritikan yang ada, karena kita berlatih untuk menjadi lapang dada.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

5 komentar:

Njus mengatakan...

betul, sepakat. sesuai pendapat para tokoh pendidikan di negeri ini.

Njus mengatakan...

betul. senada dengan pendapat beberapa tokoh ahli pendidikan di negeri ini.

Mr.Widi mengatakan...

@Njus Bagimna dengan pendapat adanya UKGT ?

Kel. Guru mengatakan...

Tapi uji guru sertifikasi tahun 2012 adalah yang terbaik dari yang pernah ada jika mereka lolos patut di acungi jempol walaupun hasilnya kurang memuaskan. Tidak seperti tahun2 sebelumnya penuh kecurangan dan kebohongan dari para pendidik, dan patut dipertanyakan kwalitas mereka sebagai pendidik. Semoga kedepan ada perbaikan, sehingga pendidikan Indonesia tidak tertinggal dengan negeri tetangga.

Mr.Widi mengatakan...

@Kel. Guru Setuju kang ... Namun kita harus beri catatan..Semua komponen harus instopeksi diri dengan hasil UKA karena keberhasilan guru tidak dari GURU TIDAK SENDIRI(namun banyak faktor yang menentukan), siapa yang mengawasi, siapa yang membina, siapa yang mencetak, Bagiamna muridnya, Bagimana Ortunya bagimna kebijakannya...!

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team