Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » 11 TIP LOLOS PLPG (Alhamdulillah Lolos PLPG)

11 TIP LOLOS PLPG (Alhamdulillah Lolos PLPG)

Dinikmati dengan Riang Gembira
Teman- teman guru yang belum PLPG dan siap-siap PLPG tahun depan tentunya harus siap-siap dari sekarang untuk PLPG. Menurut kabar berita untuk PLPG ke depannya masih sama kelihatannya program pemerintah tahun 2012 seperti yang dikatakan Bapak mentri pendidikan, harus ikut UKA dahulu yang nilainya memenuhi syarat selanjutnya baru ikut PLPG bagi yang belum memenuhi syarat mengikuti tahun selanjutnya.

Untuk UKA bapak ibu sekalian tentunya sudah banyak dibahas silahkan untuk melengkapi Bapak ibu guru silahkan tanya sama teman sejawat yang sudah ikut UKA tahun 2012. Agar lebih mantap dalam mengerjakan soalnya karena soalnya memang berbobot tidak seperti soal UN. Banyak penalaran, grafik, gambar dan kalimat yang panjang-panjang sehingga menyita waktu banyak terutama soal pedagogik (lumayan sulit menurut saya) dan ada beberapa sola yang sekelas olimpiade bagi guru IPA atau IPS.

Untuk kali ini saya tidak akan membahas UKA, saya akan membahas bagaimana bagaimna kita sukses PLPG. Dalam hal ini tentunya cuma sharing atau berbagi pengalaman teman- teman yang sudah ikut PLPG tahun 2012 kemarin

Apa saja sih yang perlu di siapkan Untuk PLPG , di bawah ini ada beberpa hal yang perlu bapak ibu perhatikan dan praktekkan. ( jika mau, jika tidak ya terserah resiko tanggungpenumpang)

1. Untuk PLPG tahun 2012 berbeda dengan tahun 2011 pada awal-awal kita disuguhkan dengan materi bidang studi yang kita ampu jadi tipnya bapak ibu sekalian harus siap-siap materi yang sesuai dengan kisi-kisi UKA dan belajarnya di lebihkan misalnya mengajar SMP ya belajar juga materi SMA dengan indikator yang sama.

2.Selain materi -materi yang sesuai dengan bidang studi bapak ibu guru juga harus siap dengan materi pedagogik misalnya teori pembelajaran, persiapan mengajar (perangkat pembelajaran), pembuatan media belajar, pembuatan bahan ajar, model-model pembelajaran, metode-metode mengajar, ataupun penilaian pembelajaran baik penilaian proses maupun penilaian hasil.

3.Bapak ibu silahkan untuk mempersiapakan perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk microteaching lebihbanyak dari rumah, karena jika tidak siap maka nanti ketika di sana materi yang disampaikan sama dengan teman yang lain harus ganti. Pengamaan ketika ikut kemarin tidak boleh sama KD antara teman yang satu dengan teman yang lain untuk satu kelas microteaching/rombongan belajar. Jadi untuk tipnya ibu buka silabus dari kelas yang ibu ajar selanjutnya lihat KDnya dan cari materi-materi yang bisa dibuat medianya dan juga bisa dipraktekanan agar siswa lebih aktif dalam pemebelajaran. Untuk itu tidak ada salahnya bapak ibu sekalian bertanya sama teman sejawat atau guru senior yang sudah banyak pengalaman tentang media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan pembuatananya mudah tidak menyita waktu yang banyak dan efektif untuk pembelajaran di kelas.

4. Bapak ibu sekalian membuat rancangan RPP, Media pembelajaran dan penilaian yang akan digunakan dengan ide kreatif, inofatif jika bisa belum pernah digunakan medianya agar tidak sama dengan teman sejawat di waktu PLPG. Disarakan juga penilaiannya selain penilaian kognitif juga harus ada penilaian psikomotor, produk dan performance, makannya tadi di depan dikatakan agar bapak ibu sekalian menyiapakan materi yang bisa dibuat praktek.
5. Silahkan bapak ibu sekalian praktekkan di kelas bapak ibu mengajar bagimna respon anak-anak ketika menggunakan rancangan RPP atau media dan penilain yang ibu lakukan. Jika menarik tentunya nanti tidak jauh beda ketika pelaksanaan microteaching.

6. Ketika bapak ibu sekalian ingin membuat media tertentu sipkan bahan untuk media dari rumah, cari media tentunnya media pembalajaran yang sederhan saja tidak usah membawa alat dan media yang berat sehingga tidak efektif. Bapak ibu bawa juga bahan untuk membuat media seperti Laptop, modem dan jika bisa print sehingga ketika di butuhkan suatu saat dapat segera ditangani dengan cepat (kaya UGD saja)

7. Selain silabus, RPP, media, bahan ajar dan penilaian juga ada tugas yang namanya PTK siapkan beberpa PTK dari rumah karena mungkin PTK Bapak ibu yang dibawa sama dengan milik teman, apalagi yang PTKnya sukannya download sana sini tentunya bisa sama persis. (Jika dosennya jeli bisa ditertawain tuh)

Capek tapi menyenangkan

8. Siapakan fisik dan mental di sebelum berangkat karena pada waktu PLPG di hariu terakhir banyak tuh tugas-tugas yang menyita waktu dan tenaga jika fisik dan mental tidak kuat aduh bisa sakit seperti yang dialami teman-teman saat PLPG makanya sediakan obat-obat pribadi. Karena yang mengetahui kondisi fisika kita ya kita sendiri. Oh ya ada beberapa panitia PLPG yang menyuruh membuat perangkat media dan sebagainya memakai tulis tangan, nah ini juga harus disikapi oleh teman yang tidak terbiasa menulis kelabakan (contohnya saya, lebih suka mengetik dibanding nulis) di sana jika tidak laihan dulu.


9. Kerjasama antar teman PLPG tentunya harus tetap di jalin saat pelaksanaan PLPG sehingga diharapkan kita bia sukses bersama jika ada teman yang kurang kita bisa saling membantu atau menutup kekurangan.

10. Belajar disiplin waktu jangan suka menunda pekerjaan, ketika kita menunda satu pekerjaan akan menumpuk pekerjaan yang lain padahal dihar terakhir ada tes akhir PLPG yang tentunya juga harus dipersiapkan dengan matang karena waktuhanya terbatas belajar materinya, sehingga bapak ibu untuk mempersiapakan materi uji akhir bisa di awal-awal ketika materi bidang studi bisa sambil belajar dari modul yang diberikan.

11. Setelah berihtiar dengan sungguh –sungguh jangan lupa tu dibarengi dengan doa, karena kekuatan doa itu luar biasa, doa minta yang terbaik dan menjadi orang yang beruntung bagi bapak ibu sekalian.

Mungkin sedikit pengalaman dan sharing dari saya ini bisa membantu bapak ibu sekalian yang nantiknya akan mengikuti PLPG di tahun 2013 atau 2014. Jika programnya masih berjalan kali. Dna tentuny amasih banyak tip lain dan Bapak ibu sekalian yang sudah ikut PLPG bisa sharing di sini dengan memberikan komentarnya. Terimakasih semoga bisa bermanfaat.
Pengumuman hasil PLPG Tahap 9 IKIP PGRI Semarang tahun 2012
Sumber : http://www.ikippgrismg.ac.id/2012

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

2 komentar:

Salismaroh mengatakan...

Pak widi, soal UKA kita adalah soal pertama yang diujikan( belum dianalisis) sehingga banyak dianataranya yang kita rasa sulit. Soal UKA yang akan dan sedang diujikan pada peserta berikutnya sepetinya soal UKA yang sdh mengalami analisis, sehingga lebih mudah...maka para calon pesrta PLPG....janganlah terlalu takut. Betul 11 point yang dijelaskan pak widi, perlu dipersiapkan dan diperhatikan..........

Mr.Widi mengatakan...

@Salismaroh Teimakasih bu atas tambahan komentaranya..semoga bermnfaat bagi teman- teman yang mau ikut PLPG dan semoga menjadi amalnya bu slaismaroh ..yang mmberikan teman untuk dapat mengajar lebih kreatif dengan ,media yang belum pernah saya lihat sebelumnya besok bisa berbagi lewat sini blog sya jika belumpunya blog..he

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team