Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » » Ayo Anak Didikku Kita Hemat Air!

Ayo Anak Didikku Kita Hemat Air!

Beberapa hari ini  saya sering browsing, tentang kondisi alam di Indoensia khususnya di Pati yang menurut data yang ada ada beberapa daerah yang mengalami kekeringan, dan setelah saya membaca salah satu dari internet, ternyata salah satu yang termasuk adalah wilayah kecamatan Gabus walau mungkin itu di kelurahan tertentu, Dan  Ahlamdulillah di Sekolah dan tempat saya tinggali sampai saat posting ini air sumur masih dirasa cukup, walau dua hari yang lalu air di sumur saya sudah harus di keruk untuk mendapatkan sumber air yang lebih banyak lagi.

Tanda-tanda kekeringan juga terlihat di sekitar sekolah  bagaimana tanah-tanah sudah merekah, begitu juga ketika berkeliling melihat bagaimana kondisi lahan pertanian yang tidak bisa tanam di titik-titik tertentu. Dan ketika berdikusi dengan teman MGMP IPA  kemarin juga mendengar cerita dari teman di daerah minus air yang sudah harus membeli air untuk keperluan rumah tangga, 

Dengan melihat hal ini kita sebagai warga pati khususnya pihak sekolah sebagai salah satu media pendidikan lingkungan juga harus peduli dan tanggap, untuk ikut mempromosikan bagaimana  cara menghemat air, bagaimana mengeloloa air sehingga tidak membuang sia-sia hanya untuk cuci motor dengan air bersih misalnya, , dan juga memberikan penyadaran dengan selalu mengingat saudara-saudara di daerah yang minus air. dan hal ini juga di sudah digalalkan oleh Pemkab Pati  dengan saran dan tipnya yang bisa di baca  di sini .
Foto Pembelajaran lingkungan di sekolah 
Dengan kondisi alam seperti ini memang tidak bisa kita mengelaknya, Namun kita sebagai warga harus mencoba mencari solusi pemecahannya. Dan dengan melihat ini beberapa minggu ini di sekolah SMP N 1 Gabus yang di motori oleh bagian kesiswaan dan kebersihan  selaku penanggung jawabnya  sudah mengalakkan menyiram tanaman-tanaman yang sudah mulai kehausan secara bergiliran yang dilakukan pada setiap pagi, dan  selalu melakukan jum'at bersih di setiap hari jumat.walau ada beberapa yang memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi misalnya pohon rambutan yang memang di pati selatan kurang familiar karena tanahnya berkapur tidak mampu bertahan selain karena panasnya cukup menyengat sehingga penguapan air cukup banyak.  

Selain  itu guru-guru SMPN 1 Gabus juga giat berkampanye kepada siswa untuk menghemat air, dan memberikan pembelajaran yang terintegrasi walau kadang bersifat spontanitas, khusunya IPA memang ada materinya. kepada peserta didiknya salah satunya adaalh dengan media blog ini yangdiharapkan di baca oleh anak didik kami, dan sekolah berharap juga agar siswa dapat mengkampanyekan kepada keluarga dan sanak saudara di rumahnya masing-masing. Dengan penghematan air ini semoga kita di SMP N 1 Gabus masih mampu bertahan untuk ke depannya sampai musim hujan tiba sehingga tidak harus membeli air lagi.

Kita sebagai seorang guru juga berharap lembaga yang peduli lingkungan untuk datang juga ke sekolah memberikan kampanye-kampanye dan cara-cara menanggulangi kekeringan atau cara mengatasi kekeringan tersebut, sehingga dengan ini diharapkan sinergi sekolah dan lembaga terkait selain sebagai media belajar Anak di sekolah.
Kegiatan  Doa Bersama di SMP N 1 Gabus
Sebagai penutup tentunya kita sebagai manusia juga harus berintropeksi diri dengan kekurangan kita, selau lmemohon ampun atas dosa-dosa kita,  selalu mengingat akan kuasa Sang pencipta alam raya ini  yaitu Allah yang maha besar dengan mensyukuri nikmatnya, sehingga kita selalu berdoa dan diringi dengan ihtiar sungguh-sungguh agar dicauhkan dari segala  macam bencana.

 Baca juga Artikel saya yang dimuat di republika pendidikan  lingkungan di sini
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

4 komentar:

Aditia SinemaBlog mengatakan...

Siaaaap...
Di Penanggungan blm pernah kekurangan air. Moga aja selalu sampai nanti

Slamet Widiantoro mengatakan...

@Aditia SinemaBlogWah blognya sudah keren sekarang... Siip..banyak Berihtiar, Beristigfar..berdoa..agar tidak keringan

sukajiyah mengatakan...

Perubahan cuaca secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh perilaku manusia yang kurang ramah lingkungan. Menanamkan jiwa cinta terhadap lingkungan pada peserta didik sejak dini pasti akan memberi nilai positif pada pelestarian lingkungan hidup kita. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan bumi ini.
Go green Indonesiaku!!

Slamet Widiantoro mengatakan...

Wah komntarnya panjang banget..setuju Bu Suka.."jika bukan Kita Siapa Lagi"

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team