Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » , » "Berat Saya 60 kg Pak Dokter". Benarkah kalimat ini dalam Fisika?

"Berat Saya 60 kg Pak Dokter". Benarkah kalimat ini dalam Fisika?

Ketika Andi sedang memeriksakan tubuhnya yang sakit, pak dokter menyuruh menimbang Andi. Anbilang sama pak dokter "Berat saya 60 kg, Pak dokter!", Sering kalimat ini di gunakan kita gunakan untuk mengukur sebuah berat badan atau berat  benda yang lain dalam keseharian. Namun apakah benar menurut fisika mari kita pelajari bersama!


Dalam fisika selain berat juga di kenal dengan massa, ternyata massa dan berat ini berbeda dan tidak sesuai dengan pernyataan di atas tadi. Jika massa satuan yang digunakan adalah kg, sedangkan berat adalah Newton. Karena massa adalah jumlah materi yang terkandung pada benda sedangkan berat adalah grafitasi yang bekerja pada benda itu. 

Selain itu massa dan berat juga berbeda besarannya, jika massa adalah besaran pokok yaitu besaran yang satuannya  sudah  ditetapkan terlebih  dahulu tidak diturunkan dari besaran yang lain. sedangkan Berat adalah besaran vektor yaitu besaran yang memilki nilai dan arah. Sebagai contoh mislanya ada anak menimbang berat bandul 3  Newton dengan neraca pegas,  maka gaya berat ini memilki nilai yaitu 10 Newton dan arahnya ke bawah sepertti gambar di bawah ini, neraca pegas ke tarik gaya gravitasi bumi arahnya ke bawah. 
Foto mengukur gaya dengan neraca pegas
Alat ukur yang digunakan bisannya juga berbeda alat ukur gaya biasanya menggunakan di namomter seperti gambar di atas walau dinamometer ini juga dapat mengukur massa suatu benda, sedangkan massa dapat di ukur menggunakan neraca, seperti contoh di bawah ini!
Foto Praktek Mengukur Massa dengan Neraca Tiga Lengan 
Sekarang kita bisa menjawab apakah pernyataan di atas benar atau salah menurut fisika? Jadi yang tepat  dalam fisika adalah massa saya 60 kg Pak Dokter, bukan berat saya 60 kg Pak dokter, karena  orang tersebut mengukur massa bukan berat. 
Sekarang berat pengukuran di atas berapa? Nah berat adalah gaya grafitasi yang bekerja pad benda itu. Jika orang tersebut mengukur bendanya di bumi maka tentunya berat bendanya adalah massa di kalikan dengan grafitasi yang  bekerja pada benda tersebut.
w = m x g
w = gaya berat satuuanya Newton ( N )
m= massabendasatuannyakilogram ( kg )
g = percepatangravitasisatuanya ( m/s2
Percepatangrafitasi menurut penelitian yang ada yaitu 9,8  m/s2. Atau sering jika dalam perhiutungan di bulatkan menjadi 10   m/s2 . Jadi kita sekarang bisa menentukan berapakah berat orang tersbut di bumi yaitu  60 kg x 10  atau sekitar 600 Newton.   

Sekarang ada pertanyaan buat kalian  bagaimana berat dan massa orang tersbut jika di bawa ke bulan? ternyata menurut para ilmuwan massa tidak di pengaruhgi oleh gravitasi sehingga dimana- mana sama sedangkan berat tergantung dengan gravitasinya.  Jadi berat benda di bulan juga berubah. Gravitasi di bulan menurut ilmuwan yaitu sekitar 1/6 grafitasi bumi atau sekitar 1,6  jadi berat orang terbut akan berkurang. sehingga dari sini kita juga bisa menjawab pertanyaan Mengapa orang di bula kok bisa melayang-layang. Hal ini  di karenakan gravitasi  dibulan kecil sehingga berat orang tersebut berkurang. 
Sekarang kita bisa merangkum pernbedaan massa dan berat sebagi berikut ini :

Perbedaan
Massa
Berat
Satuan
Kg
Newton  atau kg m/s2
Definisi
Jumlah materi yang terkandungpada benda tersebut
Gaya grafitasi yang bekerja pada benda tersebut.
Posisi
Dimana- mana sama tidak di pengaruhi grafitasi
Tergantung posisinya karena di pengarhui oleh grafitasi
Besaran
Skalar (memilki nilai saja)
Vektor ( memiliki nilai dan arah)

Sekarang kalian sudah tidak bingung lagi bukan cara membedakan massa dan berat dalam kehidupan sehari-hari dan di fisika berbeda. bukan berarti nanti ketika kalian periksa ke dokter selanjutnya menyalahkan pak dokternya pak yang diukur bukan berat tapi massa, karena semuannya itu sudah menjadi bahasa yang sudah di akui dan digunakan dalam keseharian. dan tentunya dokternya pun sudah tahu karena pernah belajar fisika. 

Ayo Diskusi danpecahkan masah di bawah ini!
Sekarang ada soal buat kalian untuk di pecahkan Jika ada sesorang menimbang benda yaitu 98 N sedangkan  diketahui grafitasi di bumi adalah 9,8 dan grafitasi di bulan adalah  maka jika oarng tersebut mengukur beratnya di bulan hasil pengukurannya berapa?

Pembahasan
Diketahui :
Wbm = 98 N
gbm = 9,8 N/kg
gbln = 1,6 N/kg
Ditanyakan Wbl = ...N
Jawab :
Karena m belum diketahui maka kita mencari m = Wbm: gbm = 98:9,8 = 10 kg
Wbl = m x gbln = 10 kg x 1,6 N/kg = 16 N
Jadi berat benda di bulan berkurang dari 98 N menjadi 16 N
)
Ayo berlatih dan uji kemampuanmu tentang gayas di sini, lihat juga materi yang lainnya!
Photobucket►Soal PembahasanPhotobucket►Uji KompetensiPhotobucket►Daftar Materi IPA
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

2 komentar:

wening mengatakan...

Ya dalam bahasa betul. The unit of mass is kg n the unit of weight is newton

Slamet Widiantoro mengatakan...

@weningUih..Bilingual teacher..Kata kang Arsyad dalam komentar di Facebooknya "sebenarnya tidak perlu dimasalahkan asalkan g sama (sebagai konstanta)...menjadi masalah ketika g berubah (sebagai variabel)....
Artinya tidak begitu saja menyalahkan antara penggunaan massa dan berat"

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team