Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More
Home » , » Istilah Usaha dalam Fisika kadang Berbeda dengan Keseharian , Mengapa?

Istilah Usaha dalam Fisika kadang Berbeda dengan Keseharian , Mengapa?

Orang mendorong  gerobak 
Apakah Animasi di atas orang melakukan usaha, untuk lebih memahami tentang usaha perhatikan pernyataan di bawah ini!

Pernyataan 1
Anton dan Yudi mendapat tugas dari gurunya untuk mendorong meja, sehingga meja tersbut  tersebut bergeser sejauh 4 mter walau mereka memberikangaya yang kecil saja.
Pernyataan 2
Pak Anton  dan Pak Yudi  selanjutnya mendorong almari dengan gaya yang besar, Namun walau sudah berusaha dengan keras dan dengan air keringat bercucuran almari tidak berpindah dari posisinya.

Ketika kita bercicara usaha dalam sehari-hari tentunya kita dapat mengatakan  bahwa usaha pada  pernyaaan 2 lebih besar di bandingkan dengan  dengan usaha pada pernyaatan yang pertama.Namun istilah usaha lain  dengan fisika. Dalam fisika usaha usaha berkaitan dengan gaya dan perpindahan. Jika suatu benda mendapatkan gaya dan mengalami perpindahan maka  sesuatu yang memberikan gaya tadi sudah melakukan usaha.  Dan jika sebuah benda sudah memberikan gaya walaupun gaya tersebut besar namun benda tersebut tidak mengalami perpindahan maka usahanya adalah nol atau tidak terjadi usaha. 

Jika sebuah benda dikenai gaya (F) dan benda tersebut mengalami perpindahan (s) yang searah dengan gaya yang diberikan maka gaya tersbut telah melakukan usaha (W) sebesar gaya yang diberikan dikalikan dengan perpindahannya.  
Usaha dalam kehidupan sehari -hari
Maka usaha yang dilakukan oleh gaya tersebut dapat ditulisakn secara matematis sebagai berikut ini:
W = F x s
Dengan :
W = usaha satuannya joule atau Nm
F = Gaya satuannya N atau kg m/s2
S = perpindahan  satuannya m
Besaranya usaha di atas dapat bernilai negatif atau positif ataupun dapat bernilai nol .

Contoh soal :
Sebuah benda di tarik dengan gaya 40 N ke utara dan 80 Newton ke selatan yang mengakibatkan benda tersebut bergeser sejauh 2 meter. tentunkanlah usaha yang bekerja pada gaya tersebut .

Diketahui :

F1 = 40 N

F2 = 120 N

Maka Rf = F2-F1 = 120 N - 40 N = 80 Newton

S = 2 meter
Ditanyakan :
W =....Joule
Jawab :
W = F x s = 80 N  x 2 m = 160 Joule

A. Usaha bernilai positif
Foto  dua orang anak mendorong meja searah
Bila usaha yang dilakukan adalah searah dengan arah gaya yang bekerja maka usaha tersbut bernilai positif. Contohnya Usaha bernilai positif  jika ada anak mendorong kursi  dan kursi  tersebut mengalami perpindahan  searah dengan gaya yang diberikan.
B. Usaha bernilai negatif

Jika usaha yang dilakukan berlawanan dengan arah benda maka usaha yang dilakukan adalah bernilai negatif. Contoh Sekelompok regu tarik tambang telah memberikan gaya sekuat tenaga namun usaha yang dilakukan oleh regu tarik tambang kalah  tadi berlawanan
C. Usaha bernilai nol
Usaha dikatakan bernilai nol jika gaya yang bekerja tidak menyebabkan terjadinya perpindahan. Contohnya adalh seorang anak kecil mendorong tembok walaupun dengan gaya yang besar tembok tersbut tidak mengalami perpindahan.
Foto orang mendorong tembok 
Sekarang kalian sudah dapat membedakan bukan istilah usaha dalam fisika dan dalam keseharian  kadang dapat  berebeda. Sesuatu dapat dikatakan sudah melakukan usaha jika sesuatu tersbut memberikan gaya pada benda dan benda yang dikenai gaya tersbut mengalami perpidahan. 

Sekarang jika ada orang membawa tas di punggungnya walau[un tasnya berat dia  dikatakan tidak melakukan usaha mengapa, karena  gaya berat tas tidak searah dengan arah perpindahan benda.  Ayo sekarang berikan contoh yang lainnya usaha di katakan bernilai nol dan usaha tidak berniai  negatif, atau positif.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbitkan oleh Mr-Widi

8 komentar:

Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd mengatakan...

terimakasih atas kunjungannya di blog saya,..blog jenengan lebih mantab.....

Slamet Widiantoro mengatakan...

@Rokhmad Astika Triprasetia, S.Pd matursuwun... terimakash..

blog pendidikan mengatakan...

terima kasih untuk segala pengetahuannya....untuk bahan ajar.

Slamet Widiantoro mengatakan...

@blog pendidikanterimakasih Bapak semoga bermanfaat

Hanifathin Nisa siregar mengatakan...

Mengapa kalau seorang anak MEMBAWA keranjang dikatakan tidak melakukan usaha tapi kalau misalnya seorang anak mendorong gerobak/trolley dikatakan melakukan usaha? Kenapa yaa? Beri alasan dan terima kasih :)

Mobile App Developers mengatakan...

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

Mobile App Developers mengatakan...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Anonim mengatakan...

karena kedudukan benda itu tetap

Poskan Komentar Anda di sini dengan baik dan sopan

Sangat kami tunggu komentarnya dengan dengan cara klik tanda panah open ID atau tulis Nama dan alamat URL/Website/Gogle + Anda (jika punya) jika tidak kosongkan saja. Tunggu konvirmasi persetujan dari Admin.

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team