Berusaha untuk Belajar bagaimana kita harus belajar dengan penuh kesabaran, kerja keras, cerdas dan Ihklas

  • Prestasi tiada Henti

    Prestasi Tiada Henti

    Semangat untuk menjadi guru adalah ketika muridnya berprestasi, mari kita saling berlomba untuk membuat prestasi bagi negeri tercinta ini

    Read More
  • ICT dalam Pembelajaran

    ICT Dalam Pembalajaran

    Dengan teknologi hidup lebih serasi, hidup lebih mudah dan bergairah, dengan Teknologi kita lebih mandiri

    Read More
  • Pendidikan Butuh Proses

    Pendidikan Aset Masa Depan

    Berbicara pendidikan tidak ada habisnya tat kala kita mengerti dan mengetahui manusia adalah sebagai pendiddik dan murid ayo kita belajar dan belajar

    Read More
  • Pembelajaran IPA yang Bermakna

    IPA Ilmu paling Asik

    IPA adalah Ilmu Paling Asyik itulah yang kurasakan semakin aku mempelajarinya semakin aku tertarik padanya, dan aku sekarang jatuh cinta, Bagaimna dengan Anda?

    Read More
  • Pendidikan Karakter

    Pendidikan Berkarakter

    Untuk memperbaiki Negeri Ini kita butuh anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia

    Read More

Banyak Indikator ALami di Sekitar Kita

Pernahkah kalian melihat bunga bougavil atau kunyit di rumah kalian jika pernah tahukah jika bunga dan kunyit tersebut busa bermanfaat untuk belajar IPA. ternyata kunyit dan bunga sepatu dapat di gunakan sebagai indikator alami untuk mengetahui asam atau basa sebuah zat . 
mengapa bunga sepatu atau kiunyit tersebut dapat digunakan adalah bahan memberikan warna berbeda pada keadaan asam dan basa. Nah kita jadi tahu mengapa bunga sepatu dapat digunakan sebagai indikator alami karena memberikan warna mencolok ketika di campur dengan larutan yang ada.
Jika Anda membuka di internet atau buku banyak sekali indikator alami disekita kita antara lain :
  1. bunga sepatu
  2. bunga baugenvil
  3. kulit manggis
  4. kubis ungu
  5. bunga pacar air
  6. bunga waru
  7. bunga tapak dara
  8. bunga jengger ayam
  9. bunga tembelekan
Indikakor-indikator  alami si sekitar kita 
Indikator yang pernah saya coba dan terlihat sangat mencolok dan mudah adalah indikator bunga sepatu, karena terlihat jelas perbedaan warna antara asam dan basanya.  cara membuatnya sangat mudah sebagai berikut ini:
  1. Siapkan beberapa bunga sepatu yang ada di sekitar kita 
  2. Bunga sepatu tersbut di tumbuk dalam wadah setelah halus 
  3. Campurkan bunga sepatu yang sudah ditumbuk dengan aqua murni, secukupnya sesuai dengan bunga sepatu yang mau digunakan dan jangan terlalu banyak. 
  4. Larutan aqua dan bunga sepatu diaduk sampai merata
  5. selanjutnya saring dengan menggunakan saringan untuk memisahkan larutan
  6. Untuk menguji siapkan larutan yang akan di uji dan teteskan indikator alami di larutan ayang akn diuji. dan yang menjadi catatan penting  indikator yang digunakan jangan terlalu banyak.
Berdasarkan pengalaman saya maka ketika menggunakan indikator alami maka ketika larutan asam di teteskan indikator bunga sepatu akan berwarna pink contohnya minuman soda, kemerahan, ada juga yang kekunigan .Dan larutan basa akan terlihat warna hijau contohnya pasata gigi dan juga ada yang abu- abu gelap dan coklat tua.

Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi pecinta IPA dan anak-anak didikku sekalia,  Salam IPA dari guru IPA Pati.

Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!

Video Peristiwa Penguapan

Ini iadalah salah satu video latihan presentasi anak didik saya yang paling Hebat Mbak Ainun namannya jago Fisika, pernah juara 2 tingkat kabupaten, pernah menjadi finalis lomba di UNDIP dan di UNNES, pernah juga tuh menjadi duta wakil kabupaten pati untuk mewakili lomba olimpiade Fisika tingkat SMP.
kali ini Mbak Ainun ingin mempresentasikan proses terjadinya penguapan. semoga bermnfaat bagi anak didikku dan guru-guru yang lainnya.


Untuk mendonloadnya silahkan klik tautan di sini lalu klik file download



Menjadi Pengurus MGMP IPA kab. Pati 2012-2015


Pada tanggal 29 Agustus 2012 di Rumah makan dan Pemnacingan Sumber Urip Kab. Pati di adakan serah terima jabatan dari kepengurusan lama ke pengurusan baru MGMP IPA Kab. Pati. dari ketua MGMP IPA Bapak Bambang Susilo, S,.Pd ke Bapak Sularto, S.Pd.

Dalam acara itu ada sambutan yang menarik yang di sampaikan oleh Bapak Bambang Susilo,S.Pd berhubungan dengan perjuangan beliau dalam mengembangkan MGMP IPA Kab. Pati dari awal sampai akhir yang tentunya cukup memberikan semangat bagi kepengurusan baru untuk mengambangkan MGMP IPA Kab. Pati kedepannya menjadi lebih baik ke depannya

Dalam sambutan kedua oleh Ketua MGMP Bapak Sularto, S.Pd menegasakan kesiapannya untuk mengembangkan dan memajukan MGMP dengan kepenguruan yang ada dengan personel gabungan antara yang muda dan yang tua diharapkan ada sinergi yang memberikan gaya yang baru dan semangat untuk mengembangkan pendidikan IPA di kab. Pati khususnya.

Dalam kesempatan yang lain juga di bahas tentang rencana program paling dekat dengan mengadakan bimtek PTK yang di harapkan memberikan wadah bagi- guru-guru untuk belajar PTK selain itu persiapaan ke depannya untuk PKB dan tentunya diharapkan dihasilkan banyak PTK yang berkualitas danbukan hanya proposal saja seperti pelatihan-pelatihan yang ada saat ini setelah proposal selanjutnya wasalam.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan susunan pengurus MGMP periode 2012-2015. Dan saya mendapatkan jatah untuk menjadi Seksi Seksi Dokumentasi dan Pelaporan, semoga amanah ini sesuai dengan kemampuan yang saya miliki dan dapat bermanfaat bagi saya juga untuk menambah saudara, menambah ilmu dengan banyak belajar dari senior yang sudah banyak makan garam di dunia organisasi ini.

Animasi Gaya tak sentuh


Animasi gaya tak sentuh dibawah ini semoga dapat memberikan manfaat kepada anak didiku yang baru belajar gaya. animasi ini diu buat denganpowerpoit 2012,




Tip Membuat Simbol Untuk Status Facebook atau Posting Blog

Untuk bapak ibu guru yang pecinta  blogger atau ingin menggunakan untuk pembelajarn pada facebook kita  khususnya guru fisika atau matematika kadang-kadang merasa kesulitan dalam menuliskan simbol saatb posting atau mengetik status pada  facebook kita.  Untuk kali ini  Guru IPA pati akan  memberikan trik untuk menuliskan simbol pada postingan blog atau status facebook kita.

Langkah-langkahnya sebagai berikut ini!
1. Klik star pada PC atau komputer kita  dan ketika  run padan menu searc lalutekan enter
2. Klik charmap pada  open run
3. klik advanced view
4. Pilih simbol yang kita inginkan
5. Klik buton  select
6. Klik buton  copy


7. Kemudian setelah itu silahkan ke menu posting atau menu facebook dan pastekan kode tersebut ke dalamnya dengan tekan ctrl-v.  misalnya seperti contoh simbol ini yang sering digunakan dalam fisika ( ρ,Ω,β,°,µ, ²³,∆,∑,∞,ℓ,¼¾½⅓⅔⅜⅛,≈,≤,≥,±,<,>,=,%,♂,♀,♫,√)
8. Bisa juga dengan mengetikkan keystroke yanga ada di pojok seperti gambar  di bawah ini pada keypad kita.



Semoga bermanfaat,  bagi guru seluruh Indonesia salam pendidikan dari Guru IPA Pati 
Jangan lupa komentarnya!

Belajar IPA dengan Media di Sekitar Kita

Banyak  media  di sekitar kita yang dapat kita  dari yang sederhana sampai dengan yang komplek dari kertas sampai dengan teknologi. nah kali ini saya akan memberikan sebuah  untuk membuat media dari yang sederhan di sekitar kita.
Belajar IPA dengan media  di sekitar kita

Suatu saat saya akan mengajar IPA tentang tema  gaya meruabh bentuk benda, kadang anak-anak sering lupoa atau malas  untuk membawa sesuatu dari rumah untuk praktek,  sehingga ketika pelajaran berlangsung anak-anak tidak siap dengan praktek yang ingin saya lakukan. dengan ide cepat saya mengambil ide, pada kesempatan itu saya awalai dengan mengajak siswa untuk belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda.

Anak-anak karena kalian tidak membawa barang atau benda untuk praktek sekarang sobek kertas kalian, bagin tengah, selanjutnya kalian bagi menjadi dua yang rapi ya. Dipikirnya anak-anak karen atidak emmabwa tugas mau ulangan mendadak. ada salah satu anak yang bertanya "mau ulangan ya pak?". saya menjawab "menurut kalian bagaimna?, apakah kalian mau ulangan hari ini?", jawab serentak anak-anak "tidak pak".

Nah dengan kertas tadi kalian masih ingatkah pada waktu kecil kalian pernah membuat pesawat-pesawatan, sekarang kalian buat pesawat itu.  dan jangan lupa karena kalian tidak tertip maka kalian tulis kesalahan kalian dan tulis pula kata-kata motivasi di atasnya utnuk merubah sifat kalian.  dengan itu anak-anak sangat antusias belajar walau ada beberapa yang menganggap hal ini seperti anak kecil namun di akhir mereka sangat tretarik dengan apa yang saya lakukan.

Dengan pesawat tadi kita akan belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda, coba sekarang siapkan terbangkan pesawat kalian dan jangan lupa teriak yang keras untuk merubah sifat kalian dengan apa yang kalian tulis di atasnya tadi. ketika mereka teriak  keras dengan ini maka terliahat mereka tidak tegang dengan pelajaran dan merasa enjoy. 

Dengan kasus ini kita bisa melihat bahwa ketika kita tidak siap akan media yang ada kita bisa menggunakan media yang ada di sekitar kita untuk belajar IPA. seperti terlihat foto-foto di atas terlihat bagaimna kecerian mereka. jika tidak percaya silahkan anda coba. Dan bapak ibu guru bisa mencoba dengan media yang lain ketika suatu saat menghadapi kendala seperti saya tadi.

Selamat mencoba  semoga bermanfaat untuk bapak ibu guru di seluruh Indoensia. Salam hangat dari Guru IPA Pati

Kumpulan Animasi-Animasi IPA

Di bawah ini adalah sebagain gambar-gambar animasi atau gif yang saya buat, dengan animasi ini mungkin bisa membantu memudahkan siswa dalam mehami konsep atau prinsip-prinsip fisika, Walau sangat sederhana  semoga bisa bermanfaat bagi anak didikku dan bapak ibu guru semoga di seluruh Indoensisa. Salam semanagat dari guru IPA pati. mari berlajar IPA dengan senang hati maka IPA akan lebih asyik untuk dipelajari.  Untuk melihat materinya silahkan klik judul tulisan di bawah ini

Gambar  prinsip pascall (koleksi Guru Ipa Pati)
2. Usaha  bernilai nol 
Usaha nol karena tidak mengalami perindahan 


3. Tekanan zat padat
Gambar Animasi Tekanan pada kayu (Koleksi guru IPA Pati)


Orang mendorong  gerobak 


Cara melukis gaya (koleksi Guru IPA Pati)

Cara melukis gaya searah (koleksi Guru IPA pati)
8. Pesawat Sederhana ( jungkat-jungkit)
Animasi jungkat-jungkit


9. Mengukur volume batu
mengukur volume benda tidak beraturan

Contoh Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran IPA

Kadang kita membutuhkan nilai- nilai yang bukan kognitif dalam pembelajaran IPA, agar siswa juga mengargai sikap maka diperlukan penilaian kinerja sikap . Penilaian sikap ini dapat kita laksanakan saat siswa penilaian dan kriteria penilaian adalah sebagai berikut


2. Penilaian Sikap
Judul Kegiatan
: Percobaan Mengidentifikasi Asam dan Basa
Mata pelajaran
: IPA
Kelas
: VII/II
SK
: 2.Memahami Klasifikasi Zat
KD
: 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
Nama siswa
: ______________________________
Kelas
: ______________________________
Waktu pengamatan
: ______________________________


No
Aspek yang diamati
Skor
Jumlah skor
3
2
1
1.
Kerja sama


3
2.
Kedisiplinan


2
3.
Ketelitian


2
4.
Tanggung jawab


3
Total skor yang di capai
10
Jumlah Skor maksimum
12




No
Kriteria
Skor (1-3)
1
Kerjasama
· Aktif kerjasama dengan baik dengan temannya
· Kadang bekerja sama kadang tidak bekerja sama
· Tidak mau kerjasama

3
2
1
2
Kedisiplinan
· Masuk laboratorium tepat waktu
· Terlambat kurang dari 5 menit
· Terlambat lebih dari 5 menit

3
2
1
3
Ketelitian
· Teliti menggunakan alat dan teliti dalam pengumpulan datanya
· Teliti dalam menggunakan alat namun tidak teliti dalam pengumpulan datanya
· Tidak teliti menggunakan alat dan tidak letiti mengumpulkan datanya

3
2
1
4
Tanggung Jawab
· Mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu
· Mengerjakan tugas dan hasil kurang baik namun tepat waktu
· Tidak mengerjakan tugas

3
2
1

Mengkonversi Satuan Panjang, Massa , luas dan Volume

Ketika kita di SD saat belajar matematika maka kita juga sudah mengenal istilah merubah satuan dari cm ke m dari kg ke gram dan jam ke menit, begitu juga kali ini saya akan mengulang materi ini  agar kalian lebih memahami lagi tentang konversi satuan ini, mengap karena  saya melihat untuk pokok bahan ini ketika saya mengajar masih banyak yang belum mehaminya di lihat dari hasil yang diperoleh, hal ini kemungkinankarena anak kurang tahu manfaatnya, manfaat konversi satuan ini  yang terpenting adalah menyamakan satuan yang berbeda dari satuan-satuan yang ada di berbegai daerah .  

► Konversi satuan Panjang 
Untuk mengkonversi sataun panjang maka  secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini  setiap naik satu tingkat di dibagi  10 dansetiap turun tingkat di kalikan sepuluh. contoh : 10 cm = 10 /100 m =  0,1 m ( karena naik di da tingkat maka di bagi 100 )
Tangka konversi satuan panjang 
Untuk tamabahan kadang ada satuan 1 inci atau 1 feet yang dapat di konversi sebagi berikut ini 
1 inci  = 2,45 cm
1 feet/kaki = 12 inci =0,3048 m

Konversi sataun panjang dan berat secara online silahkan anda di coba di sini :


From:
Kepada:
Hasil:


Konversi sataun massa. 
Untuk mengkonversi sataun massa maka  secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini  setiap naik satu tingkat di dibagi  10 dan setiap turun tingkat di kalikan 10. contoh : 2 kg  = 2 x 1000 gram =  2000 gram  ( karena turun tiga tingkat maka di kali 1000 )


Untuk konversi satauan masa  yang lain adalah sebagi berikut ini :
1 kuintal = 100 kg
1 ton = 1000 kg
1 kg = 10 0ns
1 kg = 2 pons

Konversi sataun berakt konversi massa secara online silahkan anda di coba di sini :


From:
Kepada:
Hasil:


Konversi sataun luas
Untuk mengkonversi sataun luas  maka  secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini  setiap naik satu tingkat di dibagi  100 dan setiap turun tingkat di kalikan 100. contoh : 2 cm2   = 2 x 10000  m2 =  2000  cm2   ( karena naik dua tingkat maka dibagi 10000 )
Untuk konversi satauan luas yang lain adalah sebagi berikut ini :
1 hektar = 10.000  m2 
1 are   = 1 dm2

Konversi sataun volume
Untuk mengkonversi sataun volume maka  secara manual kita dapat menggunakan tangga konversi sataun panjang sebagi berikut ini  setiap naik satu tingkat di dibagi  1000 dansetiap turun tingkat di kalikan 1000. contoh : 40 cm3   = 40 / 1000  dm3 =  0,04  m3   ( karena naik satu tingkat maka dibagi 1000 )


Untuk konversi satauan luas yang lain adalah  1 liter = 1 dm3 = 0,001 m3

►Untuk mengkonversi satuan volume secara online silahkan coba disini!


From:
Kepada:
Hasil:

Untuk mengkonversi satuan secara online secara lebih lengkapnya silahkan  buka sumbernya  http://id.bestconverter.org , semoga bermanfaat untukmengecek hasil pengukuran dari konversi yang kalian lakukan. Dan untuk mendapatkan  sofware konversi lengkap silahkan download di sini.

Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!

Yuk Praktek Mengembun dan menguap

Ini Lho Percobaanku!

Untuk lebih memahami tentang peristiwa perubahan wujud kalian dapat melakukan percobaan di bawah ini!

A. Alat da bahan

  1. kaki tiga
  2. bunsen(pembakar spritus)
  3. 2 gelas ukur
  4. es
  5. kasa

B.Langkah kerja

  1. Masukkan bongkahan es yang cukup banyak dalam gelas ukur yang ke satu dan biarkan dalam waktu yang cukup lama amati keadaan luar gelas
  2. Masukan es dalam labu gelas ukur yang ke dua
  3. Memanaskan es dalam gelas ukur tadi dengan pemanas seperti gambar di bawah ini dan biarkan es berubah wujud
  4. Memanaskan es yang sudah berubah wujud tadi terus menerus sampai volumenya berkurang dan amati peristiwa apa lagi yang terjadi
  5. Amati lagi es yang ada dalam bongkahan gelas apakah ada titik air di luar gelas.










sumber : koleksi penulis 2009



C. Pertanyaan

  1. apakah perubahan wujud yang terjadi pada percobaan ke 1
  2. apakah perubahan wujud yan terjadi pada percobaan ke 3
  3. apakah perubahan wujud yang terjadi pada percobaan ke 4
  4. mengapa terjadi hal demikian? Jelaskan dengan konsep partikel
  5. Perubahan wujud yang terjadi adalah mencair dan menguap!
Jawaban :
Pada percobaan ke 1 terjadi penegmbunan pada dinding gelas yaitu terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair karena perubahan suhu es
Pada percobaan ke 3 terjadi perubahan wujud mencair terjadi saat es (padat) berubah menjadi air (cair)
Pada percobaan ke 4 terjadi perubahan wujud menguap terjadi saat air (cair) berubahn menjadi uap (gas)
ketika belum di panaskan maka partikel es masih dalam bentuk seperti ganmbar C selanjutnya ketika di panaskan maka letak partikel semakin berjauhan dan susunannya jadi tidak teratur sehingga berubah wujud menjadi cair seperti gambar B dan selanjutnya ketika semakin dipanaskan maka gerakan partikel jadi semakin bebas dan letak partikel juga semakin berjauhan seperi gambar A menjadi berubah wujud menjadi gas.


Di bawah ini adalah merupakan video anak didik saya yang presentasi pengemmbunan semoga bermanfaat .

j

Contoh Penilaian Kinerja Ilmiah dalam Pembelajaran IPA

Dalam IPA tentunya dibutuhkan proses ilmiah sehingga siswanya harus mampu atau memilki kinerja ilmiah, nah cara menilai kinerja ilmiahdiperlukan penilaian kinerja ilmiah. nah bagaimna format knerja ilmiah di bawah ini merupakan contoh penilaian kinerja ilmiah dan kriteria pensekoarannya. semoga bisa membantu Bapak ibu guru yang sedang atau mau melaksanakan PLPG. Karena dalam PLPG tentunya seorang guru harus mampu menyusun lembar penilaian selain penilaian kognitif.

1. Penilaian Kinerja ilmiah

Judul Kegiatan

: Percobaan Mengidentifikasi Asam dan Basa

Mata pelajaran

: IPA

Kelas

: VII/II

SK

: 2.Memahami Klasifikasi Zat

KD

: 2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Nama siswa

: ______________________________

Kelas

: ______________________________

Waktu pengamatan

: ______________________________




Aspek yang diamati
Skor
Jumlah skor
4
3
2
1
1.
Pengetahuan tentang prosedur kerja


4
2.
Ketepatan Memilih Alat dan Bahan



3
3.
Hasil Pengamatan

3
4.
Ketepatan menyusun laporan


2
Total skor yang di capai
12
Jumlah Skor maksimum
16

Nilai

Keterangan
4 : sangat kompeten
3 : kompeten
2 : cukup kompeten
1 : tidak kompeten
Penenetuan kriteria :
Skor 14 -16 : dapat ditetapkan Sangat kompeten
Skor 11-13 : dapat ditetepakan Kompeten
Skor 8 -10 : dapat di tetapkan cukup kompeten
Skor 4 -7 : dapat ditetapkan tidak kompeten

Rubrik Penilaian :

No

Kriteria

Skor (1-3)

1

Prosedur kerja

· Jika selalu melakukan percobaan sesua dengan prosedur kerja yang benar

· Jika Kadang siswa banyak bekerja sama kadang tidak bekerja sama

· Jika hanya melakukan sedikit prosedur yang benar

· Jika tidak melakukan sesuai dengan prosedur

4

3

2

1

2

Ketepatan memilih alat an bahan

· Jika selalu memilih alat dan bahan yang tepat sesuai dengan petunjuk kerjanya

· Jika sebagian besar memilih alat dan bahan dengan tepat sesuai dengan petunjuk kerja

· Jika hanya sedikit saja yang tepat dalam memilih alat dan bahan yang sesuai dengan petunjuk kerja

· Jika pemilihan alat dan bahan tidak tepat sama sekali

4

3

2

1

3

Pengamatan

· Mengamati semua variabel dan mendapatkan data yang tepat

· Jika sebagaian variabel diamati namun hasil tidak tepat

· Jika hanya sedikit variabel yang diamati dan hasil kurang tepat

· Jika tidak melakukan pengamatan

3

2

1

4

Penyusunan laporan

· Jika laporan disusun dengan sistematis dan tepat kesimpulanya

· Jika laporan dibuat dengan sistematis namun kesimpulan kurang tepat

· Jika laporan dibuat kurang sistematis dan kesimpulan kurang tepat

· Jika hasil laporan tidak sistematis dan tidak tidak tepat

4

3

2

1

Popular Posts

 
Support : Beranda |
| Copyright © 2009. GURU IPA PATI - All Rights Reserved
Template Modify Mr.Widi | mastemplate
Proudly powered by Blogger Team